Kuota Internet Gratis Dari Kemendikbud

Syarat & Cara Daftar Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021

Subsidi kuota internet untuk pengajar dan siswa/mahasiswa kembali dilanjutkan mulai Maret 2021 hingga tiga bulan ke depan. Namun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)  mensyaratkan beberapa perubahan dalam aturannya.

Mendikbud Nadiem Makarim menjelaskan, pada subsidi internet 2021 ini akan dibuat beberapa perubahan. Perubahan paling besar adalah jumlah kuota umum dan kuota belajar. Pada tahun 2021, kuota belajar tidak diadakan kembali dan semuanya menjadi kuota umum.

Baca Juga  Kuota Internet Gratis Dari Kemendikbud Cair Bulan Maret, April dan Mei 2021

Jadi, menurut penjelasan dari Kemendikbud bahwa yang akan menerima subsidi ini adalah mereka-mereka para pelajar yang sudah menerima bantuan kuota internet pada periode November – Desember 2020 dipastikan secara otomatis akan terisi kuota internetnya di bulan Maret ini.

Tapi ada pengecualiannya lagi yang mana para penerima bantuan kuota ini pada tahun 2020 tetapi penggunaannya dibawah 1GB akan dihapus dari daftar penerima yang secara otomatis masuk ke nomor hp yang didaftarkannya.

Nadiem menambahkan, berbeda dengan sebelumnya, kuota ini bisa digunakan untuk membuka apapun yang dibutuhkan untuk kegiatan belajar, termasuk Youtube. Namun, beberapa laman dan aplikasi sudah diblokir, khususnya yang terkait dengan hiburan seperti permainan online dan aplikasi sosial media seperti Facebook dan TikTok.

Baca Juga  Ini Rincian Terbaru Subsidi Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021

“Jadi bisa digunakan untuk mengakses seluruh laman. Aplikasi yang diblokir, yaitu kebanyakan aplikasi game, dan juga Facebook, TikTok, Instagram,” kata Nadiem menjelaskan.

Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021

Adapun cara untuk mendapatkan subsidi kuota internet gratis dari kemendikbud pada periode Maret, April dan Mei 2021 ini adalah :

  1. Calon penerima subsidi kuota gratis harus melapor kepada pimpinan satuan pendidikan sebelum bulan April 2021
  2. Laporannya berupa permohonan bantuan atau subsidi kuota internet gratis untuk belajar
  3. Pemimpin satuan pendidikan akan mengumpulkan data calon penerima bantuan dan mengupload SPTJM untuk data nomor yang barubah (penerima lama yang berganti nomor) dan juga nomor baru ke https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id  atau http://pddikti.kemdikbud.go.id (untuk jenjang pendidikan tinggi)
Baca Juga  Pembagian Kuota Gratis Dari Kemendikbud, Ini Daftar Situs Yang Bisa Diakses

Syarat Mendapatkan Subsidi Kuota Internet : 

Berikut ini adalah persyaratan untuk mendapatkan bantuan kuota internet gratis dari Kemendikbud tahun 2021 sesuai dengan Peraturan Sekretaris Jenderal Kemendikbud Nomor 4 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Paket Kuota Data Internet Tahun 2021.

Peserta didik pada PAUD dan jenjang pendidikan Dasar dan Menengah :

  • Terdaftar di aplikasi Dapodik
  • Memiliki nomor ponsel aktif atas nama peserta didik/orangtua/anggota keluarga/wali

Guru/Pendidik Pada PAUD dan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah :

  • Terdaftar di aplikasi Dapodik
  • Memiliki nomor Ponsel Aktif

Mahasiswa

  • Terdaftar di aplikasi PDDikti dan berstatus aktif dalam perkuliahan atau dengan menuntaskan gelar ganda (Double Degree)
  • Memiliki kartu rencara studi pada semester berjalan
  • Memiliki nomor ponsel aktif

Dosen

  • Terdaftar di aplikasi PDDikti dan berstatus aktif
  • Memiliki nomor registrasi (NIDN, NIDK atau NUP)
  • Memiliki nomor ponsel aktif
Baca Juga  Cara Mendaftar Bansos Anak Rp 3jt dari Kementerian Sosial

Ia melanjutkan, untuk penyaluran pertama akan dimulai pada 11-15 Maret 2021. Penyaluran ini akan diberikan khusus bagi siswa/mahasiswa dan pengajar yang sudah pernah mendapatkan subsidi serupa pada tahun 2020.

Bagi siswa/mahasiswa atau pengajar yang mengganti nomor dan belum mendapatkan subsidi pada 2020, perlu melaporkan diri ke pimpinan satuan pendidikan. Selanjutnya, pimpinan satuan pendidikan akan mengunggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) kepada Kemendikbud. Setelah itu, pengajar dan siswa/mahasiswa yang bersangkutan baru bisa menerima subsidi kuota internet di bulan April 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *