Kuota Internet Gratis Dari Kemendikbud

Pembagian Kuota Gratis Dari Kemendikbud, Ini Daftar Situs Yang Bisa Diakses

Bantuan kuota internet gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan kembali diberikan selama 3 bulan mulai dari bulan Maret 2021. Bagaimana cara dapat kuota internet gratis Kemendikbud? Simak pembahasannya beriku ini.

Rencananya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menyalurkan bantuan kuota data internet gratis pada tanggal 11 – 15 Maret 2021 ini dan berlaku selama 30 hari sejak diterima kuota tersebut.

Kebijakan bantuan kuota internet gratis Kemendikbud kembali diberlakukan setelah di tahun 2020, kebijakan ini mendapati respon positif di masyarakat terutama para pelajar, mahasiswa, guru dan dosen.

Menurut Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 4 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Paket Kuota Data Internet Tahun 2021 menyebutkan bantuan paket kuota data internet bertujuan untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi COVID-19.

Program bantuan Kuota internet gratis ini telah dibuat oleh Pemerintah Indonesia khusus diberikan pada pelajar, guru, dan dosen. Lembaga pendidikan yang menerimanya pun mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP, SMA, hingga Universitas.

Dilansir dari situs resmi kuota-belajar.kemdikbud.go.id, paket kuota data internet gratis tersebut merupakan paket akses all network Kuota umum bisa digunakan untuk mengakses website dan aplikasi apapun dengan pembatasan akses kepada media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook dan TikTok.

Sedangkan kuota belajar hanya untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran. Untuk besaran kuota yang didapatkan sesuai jenjang pendidikannya adalah sebagai berikut :

 

  • Di tingkat PAUD, peserta didik akan mendapatkan kuota gratis 20 GB per bulan dengan 5 GB kuota umum dan 15 GB kuota belajar.
  • Sementara peserta didik di bangku pendidikan dasar dan menengah akan menerima bantuan kuota 35 GB dengan rincian 5 GB kuota umum dan 30 GB kuota belajar.
  • Lebih banyak dari peserta didik, tenaga pendidik di PAUD, pendidikan dasar dan menengah dijatah 42 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum serta 37 GB kuota belajar.
  • Bantuan kuota internet diterima paling besar oleh mahasiswa dan dosen yakni sebesar 50 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum serta 45 GB kuota belajar.
Baca Juga  Cara Mendaftar Bansos Ibu Hamil Dari PKH Kemensos 2021

Menurut data/informasi dari website resmi Kemendikbud, Ini Daftar Situs yang Bisa Diakses beberapa aplikasi serta situs yang bisa digunakan menggunakan kuota belajar adalah Duolingo, AYo Belajar, Google Classroom dan aplikasi pembelajaran lainnya. Selain itu, kuota belajar juga disediakan untuk aplikasi konferensi video semacam Zoom, U Meet Me, Miscrosoft Teams, Google Meet, dan Cisco Webex.

Bagi para penerima bantuan kuota data internet yang memiliki perubahan nomor atau belum menerima bantuan kuota internet gratis sebelumnya masih dapat mendaftarkan namun pencairan kuota bagi pendaftar baru akan cair pada bulan April 2021. Berikut langkah – langkah yang harus dilakukan untuk mendaftarkan diri untuk mendapatkan bantuan kuota data internet gratis dari Kemendikbud.

  1. Calon penerima dapat melapor kepada pimpinan satuan pendidikan sebelum bulan April 2021 untuk mendapatkan bantuan kuota internet
  2. Pimpinan atau operator satuan pendidikan mengunggah SPTJM untuk nomor yang berubah atau nomor baru melalui vervalponsel.data.kemdikbud.go.id atau melalui pddikti.kemdikbud.go.id untuk jenjang pendidikan tinggi.

Lebih jauh, kuota belajar juga dapat dipakai untuk mengakses 22 laman belajar dan 400 website kampus. Informasi lebih detail mengenai aplikasi, laman, dan situs apa saja yang disediakan untuk kuota belajar bisa dilihat dalam situs resmi Kemendikbud https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.(sumber : jakselnews.pikiran-rakyat.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *