5 Daftar Universitas Terbaik di Malang

5 Daftar Universitas Terbaik di Malang

Kota Malang menjadi salah satu tujuan studi bagi calon mahasiswa dari seluruh Indonesia, karena banyak pilihan universitas terbaik di Malang yang menjadi favorit para CAMABA. Puluhan ribu siswa lulus setiap hari untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dan belajar tanpa henti di universitas favorit impian mereka di kota pelajar. Hal tersebut tidak terlepas dari keberadaan beberapa perguruan tinggi terbaik di Malang yang memiliki kualitas akademik yang sangat baik.

Berbicara soal perguruan tinggi terbaik, tentunya kota di Jawa Timur ini gudangnya. Di kota apel ini setiap tahun selalu ada puluhan ribu sarjana, magister, dan doktor di berbagai bidang keilmuan dari universitas ternama disana. Para siswanya juga kerap menjuarai berbagai kompetisi bergengsi baik di tingkat nasional maupun internasional. Berikut universitas terbaik di Malang yang bisa menjadi destinasi pendidikan yang sangat potensial:

Daftar Kampus Terbaik di Malang

  1. Binus University

Universitas Bina Nusantara Malang atau disebut juga Universitas Binus merupakan universitas terbaik di Kota Malang 2020 terbaru. Perguruan tinggi swasta berkualitas ini terletak di Jalan Araya Mansion No. 8-22 Malang, Jawa Timur. Ada tiga program di sini, mulai dari jenjang sarjana, pascasarjana, dan doktoral yang mencakup beberapa fakultas dan belasan jurusan.

Fasilitas perkuliahan yang disediakan oleh Binus University Malang sangat lengkap dan tentunya nyaman untuk mahasiswa. Tersedia pula berbagai macam beasiswa perguruan tinggi dan juga beasiswa bisnis yang bekerjasama dengan banyak instansi di dalam dan luar negeri. Hal ini sangat baik dimanfaatkan oleh para pelajar sehingga mereka dapat mempraktekkan ketrampilan dan memiliki kesempatan untuk go international.

  1. Universitas Brawijaya

Siapa yang tidak mengenal Universitas Brawijaya Malang atau yang sekarang lebih dikenal dengan singkatan nama UB. Universitas legendaris di Kota Malang ini merupakan kampus negeri di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang telah berdiri sejak tahun 1963. Ada program perkuliahan mulai dari jenjang sarjana, pascasarjana, hingga doktoral.

Baca Juga  Pendaftaran SNMPTN 2021 Dibuka, Ini Cara Daftarnya

Universitas Brawijaya sendiri memiliki banyak fakultas pada jenjang S1 seperti fakultas kedokteran, pertanian, sains, peternakan, administrasi, perikanan, ekonomi, ilmu budaya, dan lain-lain. Untuk jenjang S2 dan S3, UB juga memiliki banyak program studi yang memungkinkan mahasiswanya untuk memilih konsentrasi sesuai dengan minat dan keahlian masing-masing. Fasilitas di kampus ini sangat lengkap dengan biaya yang cukup terjangkau.

  1. Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang yang memiliki motto “the learning university” sebelumnya bernama IKIP Malang. Salah satu universitas terbaik di kota Apple ini memiliki konsentrasi utama dalam menghasilkan tenaga pendidik atau pengajar yang profesional dan berkualitas. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika sebagian besar program studi di sini berkaitan dengan pendidikan. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan jika mahasiswa ingin memilih program studi non pendidikan di UM.

Tersedia pula berbagai macam program studi non pendidikan seperti ilmu murni, kuliner, fashion, desain grafis, seni tari, dan masih banyak lagi. Mahasiswa yang belajar di Universitas Negeri Malang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Tak hanya itu, ada juga kelas internasional yang diisi oleh mahasiswa asing. Jadi, jika Anda belajar di sini, Anda dapat memastikan bahwa siswa akan kaya akan pengalaman dan pengetahuan.

  1. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

UIN Maulana Malik Ibrahim merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Islam Negeri di Kota Pelajar. Kampus ini memiliki tujuan untuk menghasilkan para intelektual yang merupakan cendekiawan dan cendekiawan intelektual. Jika belajar di sini, siswa akan mendapatkan ilmu agama dan ilmu umum. Selama tahun pertama menjadi mahasiswa baru, mereka juga diharuskan tinggal di asrama untuk pembinaan bahasa Arab, Inggris, belajar Alquran dan juga memperdalam ilmu agama.

Baca Juga  Pendaftaran SNMPTN 2021 Dibuka, Ini Cara Daftarnya

Disini terdapat program sarjana, pascasarjana dan doktor, dimana tempat studi untuk jenjang sarjana berada di kampus induk Kota Malang dan untuk program pascasarjana berada di kampus 2 Kota Batu. Jurusan yang dapat dipilih sangat beragam, mulai dari ilmu agama, ilmu pengetahuan, sosial, dan pendidikan. Biaya kuliah di UIN Malang cukup terjangkau. Lingkungannya yang sangat islami dan biaya hidup seperti makan dan kebutuhan sehari-hari di sekitar kampus UIN juga relatif aman di kantong mahasiswa. Jadi, belajar di kampus ini sangat disarankan.

  1. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang merupakan Universitas Muhammadiyah terbesar di Indonesia. Kampus besutan Ormas Islam Muhammadiyah ini merupakan kampus swasta yang memiliki kualitas tinggi dan juga menyediakan program studi yang sangat lengkap. Di sini terdapat berbagai program studi mulai dari Islam, pendidikan, kedokteran, pertanian, perindustrian, kesehatan masyarakat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Universitas yang dijuluki kampus putih ini juga menyediakan program pascasarjana dan doktoral. Meski termasuk kampus swasta, kualitas Universitas Muhammadiyah Malang tak perlu diragukan lagi. Banyak mahasiswa yang berasal dari luar negeri dan tidak jarang universitas ini menjuarai berbagai kompetisi internasional bergengsi.