Pendaftaran KIP Kuliah 2021
Pendaftaran KIP Kuliah 2021

Syarat dan Cara Pendaftaran KIP Kuliah 2021

PORTALWANITA.COM – Syarat dan Cara Pendaftaran KIP Kuliah 2021 Belum lama ini, kemendikbud langsung memberikan informasi resmi apabila mereka membuka pendaftaran untuk akun siswa yang resmi menggunakan Kartu Indonesia Pintar KIP kuliah 2021 agar bisa kembali mendaftarkan secara resmi dan dipastikan banyak keunggulan yang bisa didapatkan, seperti bebas biaya kuliah dan juga mereka bisa memperoleh tunjangan bulanan. Bagi kalian semua, yang belum mengetahui bagaimana cara pendaftaran Kip kuliah dan Apa saja syarat KIP Kuliah, maka bisa membaca penjelasan kami berikut ini.

Pendaftaran KIP Kuliah 2021 dipastikan sudah dibuka mulai tanggal 8 Februari 2021 dan akan berakhir pada tanggal 31 Oktober 2021 dan sangat direkomendasikan bagi kalian yang mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP kuliah) supaya bisa kuliah gratis tanpa biaya dan kalian pun, bisa mendapatkan tunjangan bulanan semasa melakukan pendidikan tersebut.

Untuk kalian yang belum mendaftarkan dan mempunyai akun maka sebaiknya silakan daftarkan diri Anda dan nantinya kalian tinggal melanjutkan mendaftarkan KIP Kuliah sesuai dengan jalur yang kalian pilih masuk di perguruan tinggi baik dengan menggunakan cara SNMPTN, SBMPTN, SNMPTN atau melalui jalur pribadi dengan Mandiri.

KIP Kuliah 2021

Untuk pedoman Kip kuliah 2020 dipastikan sudah di Salurkan bantuan untuk 200.000 mahasiswa baru yang memang berhak menerima dan selanjutnya di tahun ini pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dipastikan akan kembali menyalurkan sebanyak 200 ribu KIP Kuliah untuk mahasiswa baru yang berhak menerima dan selanjutnya pihak pemerintah melalui Kemendikbud akan menjamin penyaluran bantuan ini secara on going dan juga Bidikmisi on going sampai masa studi para penerima selesai.

Baca Juga  Kuota Internet Gratis Dari Kemendikbud Cair Bulan Maret, April dan Mei 2021

Dengan adanya KIP Kuliah, maka jaminan keberlangsungan kuliah dengan memberikan gratis biaya kuliah pada perguruan tinggi dan juga memperoleh bantuan biaya hidup selama per bulan untuk siswa yang sudah memenuhi persyaratan ekonomi dan juga persyaratan akademik akan sangat terbantu.

Keunggulan KIP Kuliah 2021

Di bawah ini adalah beberapa keunggulan bagi kalian yang memenuhi persyaratan untuk memperoleh biaya kuliah gratis dengan Kip kuliah diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kalian akan dibebaskan biaya pendaftaran seleksi masuk ke perguruan tinggi diantaranya bebas biaya ujian tulis berbasis komputer dan juga beberapa seleksi lain yang diusulkan panitia dan perguruan tinggi untuk mahasiswa terdaftar pada data terpadu Kesejahteraan Sosial atau D TKS di Kementerian Sosial.
  • Kalian akan dibebaskan biaya kuliah dan gratis pendidikan yang dibayarkan secara langsung kepada pihak perguruan tinggi
  • Kalian bisa memperoleh biaya hidup yang dimulai tahun akademik 2021 / 2022 yang sudah diterapkan oleh Puslapdik yang berdasarkan perhitungan besaran indeks harga lokal dari setiap wilayah perguruan tinggi.

Pemberian KIP Kuliah

Selanjutnya untuk jangka waktu dalam pemberian KIP Kuliah terutama untuk beberapa program diantaranya adalah:

Program reguler

  • Maksimal 8 semester untuk sarjana
  • Maksimal 8 semester untuk diploma 4
  • Maksimal 6 semester untuk Diploma 3
  • Maksimal 4 semester untuk diploma 2

Program profesi

  • Maksimal 4 semester untuk dokter
  • Maksimal 4 semester untuk dokter gigi
  • Maksimal 4 semester untuk dokter hewan
  • Maksimal 2 semester untuk ners
  • Maksimal 2 semester untuk apoteker
  • Maksimal 2 semester untuk guru.

Syarat Pendaftaran KIP Kuliah

Selanjutnya di bawah ini adalah beberapa persyaratan umum bagi kalian yang akan melakukan pendaftaran Kip kuliah diantaranya adalah:

  1. Siapapun penerima Kip kuliah mereka adalah siswa SMA, sMK, sederajat yang sudah lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 tahun sebelumnya.
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi mempunyai keterbatasan ekonomi yang wajib didukung dengan bukti dokumen yang sah
  3. Harus lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk ke perguruan tinggi dan juga diterima di PTN atau PTS untuk program studi yang sudah terakreditasi.
Baca Juga  Cara Cek Bantuan UMKM Online dan Pencairannya

Selanjutnya untuk persyaratan khusus bagi kalian penerima Kip kuliah diantaranya adalah:

  1. Wajib mempunyai program bantuan pendidikan nasional melalui bentuk Kartu Indonesia Pintar
  2. Berasal dari keluarga peserta program keluarga harapan
  3. Pemegang kartu keluarga sejahtera
  4. Mahasiswa dari panti sosial atau panti asuhan
  5. Mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil kurang atau termasuk dalam 4 kategori di atas yang tercatat pada data terpadu kesejahteraan sosial atau DTKS.

Cara Daftar KIP Kuliah 2021

Bagi kalian yang belum mengetahui apa saja cara yang bisa kalian lakukan untuk pendaftaran Kip kuliah, maka alangkah baiknya untuk membaca penjelasan kami di bawah ini.

Cara Daftar KIP Kuliah 2021 - IG
Cara Daftar KIP Kuliah 2021 – IG
  1. Seluruh siswa harus melakukan pendaftaran akun secara mandiri melalui SIM Kip kuliah di website berikut ini: kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau kalian bisa menggunakan aplikasi.
  2. Ketika kalian mendaftar, makan silakan masukkan NIK, NISN, NPSN beserta alamat lengkap dan juga email yang masih aktif
  3. Selanjutnya untuk sistem Kip kuliah biasanya akan melakukan validasi pada data yang anda input dan juga melakukan kroscek untuk kelayakan Apakah anda bisa memperoleh Kip kuliah atau tidak
  4. Apabila proses validasi sukses, maka sistem Kip kuliah nantinya akan mengirimkan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang kalian daftarkan tadi
  5. Selanjutnya siswa tinggal masuk ke website di atas dengan memasukkan nomor pendaftaran dan kode akses agar bisa menyelesaikan proses pendaftaran Kip kuliah dan selanjutnya memilih proses seleksi yang akan diikuti
  6. Selanjutnya siswa tinggal menyelesaikan proses pendaftaran di portal sampai selesai
  7. Hai bagi seluruh calon penerima Kip kuliah yang sudah dinyatakan Diterima pada perguruan tinggi, maka mereka bisa melakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah 2021.
Baca Juga  Cara Mendaftar Bansos Ibu Hamil Dari PKH Kemensos 2021

Itulah pembahasan portal wanita tentang syarat dan cara pendaftaran Kip kuliah 2021 yang kami bahas secara detail dan semoga dapat menjadi referensi untuk kalian calon mahasiswa yang memang memenuhi persyaratan untuk memperolehnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *