Penyebab Kesehatan Baterai iPhone Cepat Menurun

Penyebab Kesehatan Baterai iPhone Cepat Menurun

kesehatan baterai atau batre health merupakan salah satu fitur yang paling banyak digandrungi serta sering menarik perhatian bagi para pengguna iPhone terutama bagi mereka yang sedang mencari atau ingin membeli iPhone bekas.

Indikator kapasitas maksimum pada menu kesehatan baterai, menjadi salah satu informasi yang menunjukkan kapasitas maksimal yang masih bisa ditampung oleh baterai dalam iPhone. Untuk saat ini fitur batre health hanya tersedia pada ponsel iPhone dan belum tersedia di ponsel Android.

Indikator yang menunjukkan angka kecil, maka semakin kecil pula kapasitas maksimum atau daya tampung dari baterai. Bahkan kondisi tersebut juga menjadi parameter dari kesehatan baterai tersebut.

Bisa disebut jika ada begitu banyak faktor penyebab kesehatan baterai iPhone cepat menurun. Jika pada kondisi normal, tepatnya pada saat pertama kali membeli iPhone, maka anda akan memperoleh baterai dengan kapasitas maksimum 100%.

Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu penggunaan dari ponsel tersebut, maka kesehatan baterai akan mengalami penurunan. Bahkan penurunan kesehatan baterai tersebut bisa terasa sangatlah cepat.

Yang menjadi poin pertanyaan disini ialah, apa saja faktor yang bisa menyebabkan kesehatan baterai atau kapasitas maksimum pada iPhone dan iPad cepat menurun?

batre health iphone
Gambar iphone source : news.indotrading.com

Salah satu faktor menurunnya kesehatan baterai pada iPhone bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk dalam mengoperasikan iPhone dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan hal tersebut sering dilakukan secara tidak sadar oleh pemiliknya. Nah utnuk sekedar tambahan referensi, berikut beberapa hal yang sering menjadi faktor cepat menurunnya kesehatan baterai pada iPhone.

Menggunakan iPhone Sambil Charge atau Mengisi Daya

Jika anda terbiasa menggunakan iPhone saat mengisi daya, maka sangatlah tidak mustahil jika kesehatan baterai cepat menurun, panas, atau bahkan lebih cepat habis.

Pasalnya, kebiasaan tersebut bisa menjadi salah satu penyebab cepat menurunnya kesehatan baterai pada iPhone. Terlebih lagi, baterai pada iPhone akan bekerja lebih keras saat dilakukan charge sambil digunakan.

Baca Juga  10 Rekomendasi Laptop Dell Terbaik untuk Pelajar

Sebagai dampak yang timbul, suhu pada baterai akan meningkat serta mempunyai dampak bagi kesehatan baterai itu sendiri. Jadi, sebisa mungkin hindari penggunaan iPhone ketika sedang dicharge.

Suhu iPhone Yang Terlalu Sering Panas

Tidak bisa dipungkiri jika panas merupakan salah satu musuh utama komponen baterai. Tidak hanya pada iPhone saja, namun pada peralatan elektronik lain seperti laptop dan yang lainnya.

Semakin sering baterai iPhone panas atau bahkan sampai overheat (terlewat panas), maka dampak yang paling umum ialah kesehatan baterai akan semakin cepat menurun.

Dijelaskan oleh pihak Apple sendiri, baterai yang sering mengalami panas berlebih, bisa memicu kerusakan pada komponen baterai secara permanen.

Sehingga, sangat disarankan untuk menggunakan iPhone dalam kondisi ruangan yang sejuk dan tidak terlalu panas.

Terlalu Sering Membiarkan iPhone Hampir Kehabisan Daya Baterai

Salah satu faktor yang juga ikut andil dalam proses penurunan kinerja baterai iPhone ialah terlalu sering membiarkan daya baterai pada iPhone hampir habis.

Baterai Lithium-ion yang ditanamkan pada iPhone merupakan salah satu komponen yang paling kompleks dan rumit.

Diperoleh dari beberapa penelitian, kebiasaan membiarkan baterai iPhone hingga benar-benar pada level terendah atau hingga benar-benar kosong, bisa menyebabkan penurunan daya tampung dari iPhone itu sendiri.

Sebagai dampaknya, kesehatan baterai pada iPhone akan jauh lebih cepat  menurun. Jadi, sangat disarankan untuk segera melakukan pengisian daya jika level baterai sudah mendekati 20%.

Membiarkan iPhone Terisi Daya Selama Berjam-jam Meski Sudah Full

Serupa dengan membiarkan baterai hampir kosong, level kompleks dan rumit dari susunan komponen baterai iPhone juga berpengaruh pada berlebihnya durasi pengisian baterai.

Pada beberapa penelitian, ditemukan bahwa sering melakukan pengisian daya pada iPhone hingga benar-benar penuh 100% setiap waktu, bisa menurunkan daya tampungnya secara perlahan.

Sebagai salah satu bukti dari pihak Apple, menanamkan fitur pengoptimalan penggunaan baterai pada iOS 13 yang mampu bekerja secara pintar untuk membatasi pengisian daya hanya sampai 80% saja dalam kondisi tertentu.

Baca Juga  Spesifikasi dan Harga HUAWEI MatePad T10 di Indonesia

Sehingga untuk waktu kedepan, apabila sedang tidak jauh dengan sumber listrik, akan lebih baik untuk membatasi pengisian daya hingga 80% saja. Tujuannya ialah untuk menjaga agar kesehatan baterai tidak cepat menurun.

Penggunaan Charger Yang Tidak Asli / Original

Penggunaan charger yang tidak asli bisa memicu semakin buruknya kesehatan baterai pada iPhone. Hal tersebut dikarenakan charger palsu seringkali tidak sesuai dan tidak memenuhi standar keamanan untuk melakukan pengisian daya pada iPhone.

Sebagai dampaknya, baik itu dalam jangka waktu dekat ataupun lama, bisa merusak komponen baterai secara permanen.

Sehingga, sebelum anda melakukan pengisian daya baterai pada iPhone, akan lebih baik jika memastikan terlebih dahulu menggunakan charger asli. Baik itu dari sisi adaptor ataupun kabelnya.

Tips Dan Cara Mengatasi Kesehatan baterai iPhone Yang Cepat Menurun

cara merawat batre health iphone

Untuk bisa merawat kesehatan baterai pada iPhone agar tidak cepat menurun, anda bisa menerapkan beberapa tips sederhana yang sudah kami rangkum berikut :

  1. Pastikan terlebih dahulu jika charger yang digunakan untuk mengisi daya kualitas asli (original)
  2. Hindari mengoperasikan iPhone ketika sedang di charger
  3. Hindari memainkan iPhone terlalu lama dalam suhu ruangan yang panas.
  4. Lakukan pengisian daya ihone jika level baterai sudah menunjukkan angka 20%.
  5. Jika tidak berada dalam kondisi sangat penting, isi daya iPhone hingga 80% saja.
  6. Lepas casing iPhone ketika dilakukan pengisian daya, tujuannya agar bisa mengurangi panas.
  7. Gunakan tingkal (level) kecerahan otomatis, atau bisa pula dengan mengurangi tingkat kecerahan layar agar bisa menghemat penggunaan baterai.
  8. Gunakan pula “Mode Daya Rendah” agar penggunaan baterai bisa lebih hemat.
  9. Rutin melakukan update versi iOS pada iPhone ke versi terbaru jika tersedia.
  10. Matikan atau nonaktifkan “Segarkan App di Latar” pada pengaturan umum.
  11. Nonaktifkan layanan lokasi jika memang tidak sedang digunakan. Masuk Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi.
  12. Terapkan pengambilan data email terbaru secara manual pada Pengaturan > Kata Sandi Akun > Fetch Data Baru dan pilih Secara Manual.
  13. Nonaktifkan update aplikasi secara otomatis. Setting bisa dilakukan dengan masuk Pengaturan > iTunes > App Store.
  14. Kurangi waktu kunci layar iPhone. Setting di Pengaturan > Tampilan > Kecerahan > Kunci Otomatis.
Baca Juga  10 Rekomendasi HP Harga 5 Jutaan Terbaik Februari 2021

Jika anda sudah menerapkan beberapa tips diatas, maka secara tidak langsung kaan bisa membantu supaya baterai iPhone tidak cepat menurun. Dengan kata lain, jangka waktu penggunaan iPhone bisa lebih lama dan awet. Yang terpenting lagi, iPhone tidak cepat panas dan berjalan baik saat di operasikan. Namun jika anda sudah mengikuti beberapa tips diatas namun iPhone kesehatan batre tetap menurun dan batre tesara lebih boros, anda dapat mengganti batre dengan yang baru. atau anda juga bisa mengganti dengan hp baru. Jika anda tertarik berikut adalah ulasan rekomendasi hp terbaik tahun 2021  yang mungkin bermanfaat untuk anda.

Pada beberapa poin atau type tertentu, mungkin tips diatas mempunyai penerapan yang berbeda. Akan tetapi, langkah tetap sama. Yang berbeda mungkin hanya tampilannya saja.

Mungkin hanya itu saja informasi terkait penyebab kesehatan baterai iPhone cepat menurun. Semoga apa yang kami bagikan ini, bisa berguna bagi yang membutuhkan.

Jika memang ada informasi yang belum paham, bisa bertanya langsung atau dengan meninggalkan komentar. Sekian dan selamat mencoba!

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

cara menjaga kesehatan baterai iphone,cara supaya batre iphone awet,spek iPhone xs,Kesehatan Baterai Iphone Menurun ,Kesehatan Baterai Iphone Cepat Turun ,Kesehatan Baterai Iphone 80 ,Kesehatan Baterai Iphone 11 Cepat Menurun ,Kesehatan Baterai Iphone 11 ,Kesehatan Baterai Iphone ,Kenapa Kesehatan Baterai Iphone Cepat Menurun ,kenapa iphone x tiba tiba kesehatan baterai menurun drastis,Cek Kesehatan Baterai Iphone 5s ,baterai health iphone turun drastis,Cara Menjaga Kesehatan Baterai Iphone ,Cara Meningkatkan Kesehatan Baterai Iphone ,Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai Iphone Ke 100,Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai Iphone ,Cara Menaikkan Kesehatan Baterai Iphone ,Cara Cek Kesehatan Baterai Iphone ,cara agar kesehatan baterai tidak menurun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *