cara ampuh mengusir semut dari rumah
cara ampuh mengusir semut dari rumah

10 Cara Mengusir Semut di Rumah yang Terbukti Ampuh

Semut merupakan salah satu binatang dengan jumlah populasi terbanyak di dunia. Menurut perkiraan para ahli di dunia zootologi, setidaknya ada lebih dari 1 milyar semut per sepuluh orang di bumi. Karenanya, sangat wajar jika semut masuk ke rumah kita.

Biasanya semut akan keluar dari sarangnya ketika sedang berpindah tempat tinggal dan juga dalam rangka mencari makanan. Itulah kenapa semut sering mengerubungi sisa makanan kita yang berceceran. Walaupun tidak berbahaya, keberadaan semut terkadang cukup mengganggu. Beberapa jenis semut, seperti semut api dan semut rangrang juga sering menggigit.

Bagaimana cara mengusir semut di rumah yang Terbukti Efektif ?

Gunakan Tepung Terigu

Selain dapat digunakan sebagai bahan baku untuk membuat kue, tepung terigu ternyata juga bisa digunakan sebagai alternatif cara mengusir semut merah di rumah lho. Caranya Anda hanya perlu menaburkan tepung terigu di sekitar tempat keluar masuk semut ataupun di tempat-tempat yang sering dilalui semut. Biasanya semut tidak akan bisa menerobos tumpukan tepung yang Anda taburkan tersebut, sehingga pergerakannya pun menjadi lebih terbatas.

Coba Gunakan Asam Borat

Cara mengusir semut di rumah yang ke dua adalah dengan menggunakan asam borat. Asam borat memiliki kandungan zat kimia yang tidak disukai oleh beberapa jenis serangga, termasuk salah satunya semut. Zat kimia yang terkandung dalam asam borat telah terbukti dapat membuat semut mati dalam kurun waktu yang singkat. Dalam praktiknya, untuk mengusir semut menggunakan asam borat Anda hanya perlu menaburkan bubuk asam borat ke lubang sarang semut. Dalam kurun waktu beberapa saat semut biasanya akan langsung bertebaran keluar dan mati seketika.

Baca Juga  10 Cara Membasmi Tikus di Rumah yang Ampuh dan Efektif

Satu hal yang harus diingat, asam borat merupakan zat yang cukup berbahaya. Oleh karenanya, jangan sampai anak dan atau hewan peliharaan Anda bermain di sekitar tempat Anda menaburkan asam borat.

Coba Pakai Kapur Semut

Kapur semut merupakan insektisida praktis yang memang diproduksi secara khusus sebagai zat pembasmi semut. Kapur ini diproduksi dengan menggunakan bahan baku utama berupa kalsium karbonat yang dikenal memiliki aroma yang tidak disukai serangga.

Cara membasmi semut menggunakan kapur semut tergolong cukup mudah. Anda hanya perlu mencoretkan kapur semut ke tempat-tempat yang sering didatangi atau dilalui semut. Nantinya semut tidak akan bisa melewati garis yang Anda buat dengan kapur semut tersebut dan akan mati secara perlahan-lahan.

Meskipun ampuh, namun kapur semut juga mirip seperti asam borat, yaitu memiliki kandungan zat yang berbahaya jika termakan. Karenanya, Anda harus menjauhkannya dari jangkauan hewan peliharaan dan anak-anak.

Coba Gunakan Lada Bubuk

Semut merupakan hewan yang cukup sensitif terhadap bau menyengat. Karenanya, bahan-bahan alami yang memiliki bau cukup menyengat seperti lada bubuk sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan alami untuk mengusir semut. Cara menghilangkan semut menggunakan lada bubuk tergolong cukup mudah. Anda hanya perlu menaburkan lada bubuk di sekitar lubang dan jalan yang dilalui oleh semut. Biasanya aroma lada yang menyengat akan membuat semut menjadi “ogah” untuk keluar dari sarangnya.

Gunakan Garam

Selain dapat digunakan sebagai bahan bumbu masakan, garam ternyata juga bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk membasmi semut lho! Caranya Anda hanya perlu menaburkan garam di sekitar lubang sarang semut. Keberadaan garam di areal sekitar lubang sarang semut ini biasanya akan membuat semut tidak bisa keluar dari sarangnya.

Baca Juga  11 Cara Membasmi Kecoa Agar Rumah Tetap Bersih dan Sehat
Coba Gunakan Bubuk Belerang

Belerang merupakan salah satu zat kimia yang memiliki bau sangat menyengat. Nah, jika mau Anda bisa memanfaatkannya untuk membasmi sekaligus mengusir semut dari rumah Anda. Caranya, cukup taburkan belerang di sekitar lubang sarang semut. Bau belerang yang menyengat nantinya tidak hanya sekedar membuat semut kesulitan bernafas, namun juga akan membuatnya pingsan dan mati secara perlahan-lahan.

Manfaatkan Bedak Talc

Belerang memang ampuh untuk membasmi semut, namun aroma yang dihasilkannya cenderung agak menyengat dan kurang “bersahabat” dengan hidung manusia. Karenanya belerang cenderung kurang cocok untuk digunakan untuk mengusir semut di areal dalam rumah atau areal yang dekat dengan makanan. Nah, sebagai alternatifnya Anda bisa menggunakan bedak talc. Caranya penggunaannya sama seperti penggunaan belerang, yaitu dengan menebarkannya di sekitar sarang dan areal yang dilewati oleh semut.

Gunakan Perasan Jeruk Lemon

Cara mengusir semut di rumah yang berikutnya adalah dengan menggunakan air perasan jeruk lemon. Untuk mengusir semut menggunakan jeruk lemon, pertama-tema Anda harus membuat larutan jeruk lemon terlebih dahulu. Selanjutnya Anda tinggal menyemprotkannya di areal yang sering dilewati oleh semut. Atau jika tidak ingin ribet Anda juga bisa meletakkan irisan jeruk lemon di tempat-tempat yang sering dilewati oleh semut seperti di areal dapur, celah jendela, dll.

Biasanya, selain dapat mengusir semut, air perasan jeruk lemon juga dapat membuat ruangan menjadi lebih wangi serta mencegah datangnya hama pembawa penyakit seperti kutu dan kecoa.

Gunakan Pestisida Semprot

Jika intensitas serangan semut di rumah Anda sudah terlalu parah, Anda dapat mencoba untuk menggunakan pestisida semprot yang memang dirancang khusus sebagai racun serangga. Saat ini ada banyak produk pestisida semprot yang bisa Anda gunakan. Pestisida ini bisa dibeli di toko pertanian dengan banderol harga yang relatif cukup terjangkau. Satu hal yang harus Anda ingat, walaupun efektif untuk membasmi semut, pestisida semprot cenderung kurang ramah lingkungan. Karenanya, penggunaannya sebaiknya agak dibatasi.

Baca Juga  10 Cara Membasmi Rayap di Rumah yang Terbukti Efektif
Gunakan Jasa Pengendali Hama

Khusus untuk Anda yang tidak ingin ribet, untuk membasmi semut Anda dapat mencoba untuk menggunakan jasa pengendali hama. Jasa pengendali hama biasanya lebih paham terkait penanganan seperti apa yang paling pas dengan kasus yang terjadi di rumah Anda. Dengan begitu, serangan semut di rumah Anda bisa dikendalikan dengan lebih baik.

Jangan Biarkan Semut Kembali Berkeliaran di Rumah Anda

Dr. Michael Bentley, salah seorang ahli entomologi yang juga menjabat sebagai direktur Asosiasi Pengendalian Hama Nasional (NPMA) di Amerika Serikat menyebutkan bahwa ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk mencegah serangan semut di rumah. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Jangan biarkan makanan tercecer begitu saja. Jika ada makanan yang tercecer, kita dianjurkan untuk segera membersihkannya.
  • Jika memiliki buah-buahan, simpan buah yang telah matang di lemari es. Selain itu, jangan lupa untuk turut menyimpan makanan lainnya di wadah yang kedap udara.
  • Pastikan tempat sampah Anda berada dalam kondisi bersih (baik tempat sampah yang ada di dalam atau pun di luar rumah)
  • Khusus untuk yang memelihara hewan, pastikan tempat makan hewan Anda berada dalam kondisi yang bersih.
  • Selalu periksa kondisi pot tanaman yang ada di dalam ruangan dan pastikan tidak ada serangga di sana.

Itulah beberapa cara mengusir semut di rumah yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat ya!

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

bubuk belerang untk semut merah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *