SNMPTN 2021- IGedulab.id
SNMPTN 2021- IGedulab.id

Pendaftaran SNMPTN 2021 Dibuka, Ini Cara Daftarnya

PORTALWANITA.COM – Pendaftaran SNMPTN 2021 Dibuka, Ini Cara Daftarnya Lembaga ltmpt belum lama ini resmi mengumumkan untuk Pendaftaran peserta seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau yang biasa dikenal dengan singkatan SNMPTN resmi dibuka dan bagi kalian yang ingin daftar SNMPTN maka bisa mengikuti tutorial yang akan kami bahas pada penjelasan artikel kali ini, karena pembukaan pendaftaran SNMPTN 2021 hanya berlangsung selama 10 hari yang dimulai pada tanggal 15 Februari sampai tanggal 24 Februari 2021.

SNMPTN 2021 untuk pendaftarannya sudah resmi dibuka oleh pemerintah melalui lembaga tes masuk perguruan tinggi yang yang berlangsung pada tanggal 15 Februari dan akan berakhir sampai tanggal 24 Februari 2021. Selain Anda harus mengikuti cara pendaftaran yang baik dan benar, kalian pun harus memperhatikan tentang apa saja yang harus diperhatikan ketika melakukan pendaftaran, supaya bisa diterima dan lolos.

Untuk jam pendaftaran SNMPTN yaitu dimulai pada jam 15.00 WIB hari ini, ini dan oleh karena itu maka sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa persyaratan ketika akan melakukan pendaftaran.

Cara daftar SNMPTN

Di bawah ini ada sekitar 7 tahapan yang bisa anda lakukan ketika melakukan pendaftaran SNMPTN 2021 dan silakan Anda mendaftar dan mengikuti langkah berikut ini.

Daftar SNMPTN 2021

Login ke website ltmpt

Untuk langkah pertama kalian silakan login terlebih dahulu dan membuat akun menggunakan email yang masih aktif melalui website berikut ini: https://snmptn.ltmpt.ac.id

Baca Juga  Alasan Kenapa UN 2021 Ditiadakan dan Syarat Kelulusan Penggantinya

Melengkapi data

Apabila kalian sudah mendaftar dan mempunyai akun di website ltmpt, maka selanjutnya kalian tinggal melengkapi semua data dan yang paling penting adalah mengisi kelengkapan data orang tua yang ada pada halaman profile.

Memilih Prodi

Siswa yang akan melakukan pendaftaran SNMPTN maka silakan mengisikan pilihan Prodi yang akan dipilih di bagian pilihan.

Mengisi portofolio

Selanjutnya seluruh siswa harus mengisi portofolio yang ada di halaman yang disediakan dan apabila Prodi yang dipilih sudah mensyaratkan adanya dokumen portofolio maka jika Prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, anda tidak harus mengisi halaman ini.

Mengisi kolom prestasi

Ketika Anda memasuki halaman prestasi, maka silakan isi pada halaman tersebut dan tidak bersifat wajib sehingga pada bagian kolom prestasi ini jika memang tidak punya prestasi di sekolah sebelumnya maka silakan lewati saja dan apabila kalian mempunyai prestasi saat di sekolah SMA ataupun SMP maka sangat direkomendasikan untuk mengisi.

Cek data ketika finalisasi

Selanjutnya kalian ketika sudah mengisi seluruh data yang ada pada website tersebut dan memasuki halaman finalisasi, maka sangat direkomendasikan untuk melakukan pengecekan kembali dikarenakan isian data tidak bisa dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun. Sehingga haruslah teliti ketika mengisi seluruh data.

Unduh dan cetak

Langkah terakhir ketika seluruh langkah diatas sudah selesai, maka kalian tinggal mengunduh dan mencetak kartu registrasi yang nantinya sebagai bukti apabila kalian sudah mendaftarkan diri di SNMPTN 2021.

Hal yang harus diperhatikan ketika mendaftar SNMPTN

Ada beberapa hal yang harus anda ketahui ketika sedang melakukan pendaftaran SNMPTN di mana terdapat 86 pilihan perguruan tinggi negeri yang tersebar di berbagai wilayah di tanah air dan juga terdapat program studi yang sangat beragam, maka kalian harus memperhatikan hal berikut ini ketika kalian mendaftar.

Baca Juga  Alasan Kenapa UN 2021 Ditiadakan dan Syarat Kelulusan Penggantinya

Tips mengetahui lolos syaraf SNMPTN

Ketika kalian login di portal ltmpt maka ketika tidak memenuhi syarat dalam pendaftaran SNMPTN biasanya akan muncul sebuah pesan bertuliskan: Kan Mohon maaf anda tidak berhak untuk mengikuti SNMPTN dan silakan mengikuti SBMPTN 2021.

Bagi para pendaftar yang tidak lolos, maka bisa mencoba melakukan pendaftaran melalui jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri atau SBMPTN.

Apabila sudah memenuhi syarat tetapi belum melakukan permanen data pada laman ltmpt biasanya akan muncul peringatan untuk kembali melakukan permanen data.

Informasi biodata

Ketika melihat halaman profil, maka disana akan berisi seluruh informasi biodata siswa dan seluruh informasi yang terdapat pada biodata tersebut, nantinya akan diambil dari data yang sudah diisi pada website dan biasanya berisi nama calon pendaftar,NISN, NPSN sekolah, dan asal sekolah dan untuk isian ini dipastikan tidak bisa diubah baik pada website ataupun aplikasi pendaftaran SNMPTN.

Portofolio

Apabila Prodi yang kalian pilih tidak mensyaratkan adanya portofolio maka hanya akan muncul header portofolio dan biasanya, tidak terdapat pilihan isian.

Biasanya beberapa Prodi masyarakan untuk mengisi portofolio diantaranya seni tari, seni musik, seni rupa murni, dan anda diwajibkan mengupload video sampai gambar.

Waktu pengumuman SNMPTN 2021

Untuk masa pendaftaran SNMPTN akan berlangsung sampai 24 Februari 2021 dan apabila siswa belum mempunyai akun ltmpt maka mulai hari ini silakan untuk melakukan registrasi dan untuk batasan waktu yaitu sampai tanggal 23 Februari yang akan datang.

Selanjutnya waktu pengumuman SNMPTN 2021 yaitu bisa diketahui mulai tanggal 22 Maret 2021 dan silakan Anda mengecek melalui link berikut ini:https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *