cara efektif membasmi rayap di rumah

10 Cara Membasmi Rayap di Rumah yang Terbukti Efektif

Meskipun terlihat sepele, jika tidak segera diatasi, hama rayap dapat menimbulkan kerugian lho. Mulai dari kerusakan perabot berbahan kayu sampai dengan penurunan nilai ekonomis rumah, semuanya dapat disebabkan oleh serangan hama rayap. Itulah kenapa kita sebagai pemilik rumah wajib mencari tahu bagaimana cara membasmi rayap yang efektif saat ada bagian rumah kita yang mulai diserang hama rayap.

Pertanyaannya, bagaimana sih cara mengatasi hama rayap di rumah? Berikut beberapa alternatif caranya telah kami rangkumkan untuk Anda:

Cara Efektif Membasmi Hama Rayap di Rumah yang Bisa Anda Coba

Semprot Menggunakan Garam Dapur

Selain dapat digunakan sebagai bahan untuk bumbu masakan, garam dapur ternyata juga bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk membasmi rayap lho! Bagaimana caranya?

Caranya Anda cukup membuat larutan garam dengan konsentrasi yang tidak terlalu tinggi (sekitar 2-5 sendok makan per 1 liter air. Selanjutnya semprotkan larutan garam tersebut ke areal perabot atau lokasi rumah yang dihinggapi sarang rayap. Bagaimana? Cukup mudah bukan? Kerennya lagi, selain mudah cara ini juga terbukti ampuh dapat membuat rayap lemas dan mati secara perlahan-lahan lho!

Semprot dengan Air Sabun

Selain menggunakan garam, Anda juga bisa menyemprot rayap dengan menggunakan air sabun lho.

Kandungan zat kimia yang terdapat dalam air sabun diyakini dapat mengganggu sistem pernafasan hama rayap. Normalnya, ketika sistem pernafasannya terganggu, rayap akan pergi meninggalkan sarang dan pindah ke tempat yang dianggap lebih aman. Untuk bisa mengatasi rayap menggunakan air sabun, pertama-tama Anda harus membuat larutan air sabun terlebih dahulu.

Caranya adalah dengan mencampur 5-7 sendok makan sabun cair dengan 1 liter air. Selanjutnya Anda tinggal menyemprotkannya ke areal sekitar sarang rayap yang ada di rumah Anda. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda dapat mengulangi langkah tersebut sebanyak 2 – 5 kali hingga rayap benar-benar pergi.

Manfaatkan Kapur Barus

Cara membasmi rayap yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kapur barus. Seperti yang telah kita ketahui bersama, kapur barus merupakan salah satu pestisida yang ampuh untuk mengatasi berbagai jenis hama. Pestisida yang dapat dibeli dengan cukup mudah di pasar ini memiliki kandungan zat naftalena yang tidak disukai oleh rayap.

Dalam prakteknya, untuk membasmi rayap menggunakan kapur barus, Anda cukup menaburkan kapur barus bubuk ke areal sekitar sarang rayap. Berkat bau khas yang ditimbulkan kapur barus, biasanya dalam kurun waktu kurang dari 3 hari rayap akan langsung mati atau pindah meninggalkan sarangnya.

Oh ia, selain dapat membasmi rayap, kapur barus juga bisa digunakan sebagai alternatif cara mencegah serangan rayap lho. Karenanya, jangan ragu untuk menaburkan kapur barus di areal sekitar rumah Anda ya!

Manfaatkan Minyak Jeruk

Kapur barus memang telah terbukti ampuh untuk membasmi dan mencegah serangan rayap. Sayangnya, tidak semua orang suka dengan aroma yang dihasilkan kapur barus. Nah, jika Anda termasuk salah satu orang yang tidak suka dengan aroma kapur barus, ada alternatif pengganti yang bisa Anda gunakan, yaitu minyak jeruk.

Minyak jeruk memiliki zat d-limonede yang bersifat toxic bagi beberapa jenis serangga, termasuk salah satunya rayap. Karena kandungan zat yang dimilikinya tersebut, minyak jeruk diyakini cukup ampuh untuk dijadikan sebagai salah satu bahan alami untuk mengusir rayap dari rumah.

Cukup semprotkan minyak jeruk ke areal sekitar sarang rayap, rayap biasanya akan langsung berhamburan dan mati dengan sendirinya. Agar rayap tidak kembali menyerang, Anda tinggal menggunakan pengharum ruangan yang beraroma jeruk. Sangat simpel bukan?

Manfaatkan Oli Bekas

Saat ganti oli kendaraan, oli bekasnya jangan dibuang ya..

Walaupun kotor, namun oli bekas dapat dimanfaatkan sebagai zat pembasmi rayap yang sangat ampuh. Caranya Anda cukup melumuri sarang rayap dan areal di sekitarnya dengan menggunakan oli bekas. Dalam hitungan jam, rayap yang ada di sekitar sarang tersebut biasanya akan langsung mati dengan sendirinya.

Oh ia, khusus untuk Anda yang sedang membangun rumah, oli bekas juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pencegah serangan rayap. Caranya Anda cukup melumuri areal rumah Anda yang berbahan kayu dengan oli bekas. Selain dapat menghindarkan bagian kayu di rumah Anda dari serangan rayap, cara ini nantinya juga akan membuat bagian kayu di rumah Anda menjadi jauh lebih kuat.

Semprot dengan Air Cucian Beras

Cara membasmi rayap di lemari yang selanjutnya adalah dengan menggunakan air cucian beras. Selama ini kebanyakan orang biasanya akan membuang air cucian beras begitu saja. Padahal, jika mau, air cucian beras bisa dimanfaatkan untuk banyak hal lho, termasuk salah satunya adalah untuk mengusir rayap dari rumah. Untuk mengaplikasikan cara ini, Anda hanya perlu menyemprot atau menyiram areal sarang rayap dengan air cucian beras. Lakukan secara rutin setiap hari, rayap nantinya akan berkurang dengan sendirinya secara berangsur-angsur.

Semprot dengan Daun Sirsak

Daun sirsak sangat terkenal dengan aromanya yang khas dan cukup menyengat. Aroma ini sangat tidak disukai oleh berbagai macam hama serangga, termasuk salah satunya hama rayap. Tidak hanya itu, daun sirsak kabarnya juga memiliki berbagai macam kandungan zat yang bersifat toxic bagi hama serangga.

Untuk bisa membasmi rayap menggunakan daun sirsak, pertama-tama Anda harus menumbuk daun sirsak. Hal ini bertujuan agar aroma yang dikeluarkan oleh daun sirsak bisa lebih menyengat. Setelah aromanya terasa cukup menyengat, Anda tinggal meletakkan daun sirsak tersebut ke areal sekitar rumah Anda yang dihinggapi sarang rayap. Cukup simpel bukan?

Pakai Daun Kemangi

Mirip seperti daun sirsak, daun kemangi juga memiliki aroma yang cukup khas dan menyengat. Karenanya, jika mau Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mengusir rayap dari rumah Anda. Caranya sama seperti daun sirsak di atas, yaitu dengan menumbuk daun kemangi, lalu letakkan di areal sekitar sarang rayap yang ada di rumah Anda. Atau Anda juga bisa melarutkan daun sirsak yang sudah ditumbuk dengan air bersih untuk kemudian menyemprotkannya ke areal sekitar sarang rayap.

Manfaatkan Asam Borat

Jika teknik pembasmian rayap menggunakan bahan alami di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan Asam Borat. Caranya Anda hanya perlu mengolesi areal furnitur yang terserang rayap menggunakan larutan asam borat. Cara ini terbukti sangat ampuh untuk membasmi dan mencegah serangan rayap. Sayangnya, asam borat terkadang dapat menimbulkan efek negatif ke furnitur. Karenanya, Anda disarankan untuk tidak mengaplikasikannya terlalu banyak atau terlalu sering.

Gunakan Jasa Pembasmi Rayap Profesional

Khusus untuk Anda yang tidak mau repot atau sudah mencoba berbagai macam alternatif cara namun tidak kunjung berhasil, Anda dapat menggunakan jasa pembasmi rayap profesional. Walaupun harus mengeluarkan biaya, namun cara ini cenderung sangat efektif. Beberapa penyedia jasa pembasmi rayap bahkan ada yang berani memberi garansi hingga 3 tahun lho!

Nah, itulah beberapa alternatif cara membasmi rayap di rumah yang bisa Anda coba. Jika kamu juga mempunyai masalah dengan kehadiran semut yang banyak di rumah silahkan baca juga artikel cara mengusir semut di rumah Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga  5 Cara Memilih Penjual Rumah Yang Handal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *