Cara Membasmi Tikus di Rumah yang Ampuh

10 Cara Membasmi Tikus di Rumah yang Ampuh dan Efektif

Cara membasmi tikus di rumah pada dasarnya tergolong cukup mudah. Jika mau Anda bahkan bisa menggunakan berbagai macam bahan alami yang ada di rumah, seperti bawang merah, bubuk teh, lada bubuk, dll.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, tikus merupakan salah satu hama yang sering masuk ke dalam rumah. Hewan yang bersifat mengerat ini biasanya sering mengotori, merusak, dan memakan berbagai macam benda yang ada di rumah, seperti kabel listrik, peralatan dapur, dll.

Menurut salah satu jurnal kesehatan yang diterbitkan oleh WHO, tikus disebut-sebut juga dapat membawa berbagai macam bibit penyakit ke rumah. Hal ini ditengarai oleh habitat atau tempat tinggal tikus yang notabene ada di tempat-tempat kotor.

Karenanya, jika rumah Anda sering dimasuki tikus, Anda tidak boleh membiarkannya. Ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk mengusir tikus dari rumah Anda. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Cara Mengusir Tikus di Rumah

  1. Manfaatkan Irisan Bawang

Bawang memiliki aroma yang cukup menyengat. Aroma ini ternyata tidak disukai oleh banyak hewan, termasuk salah satunya tikus. Nah, jika mau kita dapat memanfaatkan bawang untuk mencegah tikus masuk ke rumah kita. Caranya adalah dengan meletakkan irisan bawang ke tempat-tempat yang diyakini berpotensi menjadi jalan masuk tikus ke rumah, seperti di areal celah pintu, lubang pembuangan air, dll. Cukup mudah bukan?

  1. Coba Gunakan Lada Bubuk

Cara membasmi tikus dengan bahan alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan lada bubuk.

Mirip seperti bawang, lada juga memiliki aroma yang cukup menyengat. Aroma menyengat yang ada pada lada bubuk berasal dari senyawa piperin yang terkandung di dalamnya. Jika mau, Anda dapat memanfaatkan lada bubuk untuk mencegah tikus masuk ke rumah atau mengusir tikus keluar dari sarangnya (jika tikus bersarang di dalam rumah). Caranya, cukup taburkan lada bubuk di sekitar sarang tikus atau di tempat-tempat yang berpotensi didatangi oleh tikus. Dijamin tikus tidak akan betah bertahan di tempat tersebut.

  1. Coba Pakai Buah Mengkudu

Selain dapat digunakan sebagai bahan pengobatan alternatif, buah mengkudu ternyata juga bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk mengusir tikus dari rumah lho.

Caranya adalah dengan menyemprotkan larutan buah mengkudu ke tempat-tempat yang sering didatangi tikus atau yang dijadikan sarang oleh tikus. Untuk membuat larutannya sendiri Anda hanya perlu memblender buah mengkudu dan mencampurnya menggunakan air dengan perbandingan 1 banding 2. Bau larutan mengkudu yang “pesing” nantinya akan membuat tikus tidak betah berlama-lama di rumah Anda.

  1. Manfaatkan Daun Mint

Walaupun ampuh, pengendalian tikus menggunakan buah mengkudu acap kali menimbulkan bau pesing yang kurang bersahabat.

Nah, jika Anda tidak suka dengan bau pesing yang ditimbulkan oleh larutan mengkudu, Anda dapat menggantinya dengan bahan alami lain, seperti salah satunya adalah daun mint. Daun mint juga memiliki aroma yang tajam dan menyengat, sehingga tidak disukai oleh hewan yang sering memanfaatkan indra pembau seperti tikus.

Dalam praktiknya, untuk mengusir tikus menggunakan daun mint Anda harus membuat larutan daun mint terlebih dahulu, yaitu dengan mencampur daun mint yang telah ditumbuk dengan air bersih (perbandingan 1 banding 15). Setelah itu, larutan daun mint tinggal disemprotkan ke tempat-tempat yang sering didatangi tikus. Nantinya, selain dapat mencegah tikus masuk ke rumah, aroma yang dihasilkan daun mint juga akan membuat ruangan terasa lebih wangi dan segar.

  1. Manfaatkan Baking Soda

Tujuan utama tikus masuk ke rumah adalah untuk mencari makan. Nah, Anda dapat memanfaatkan hal ini untuk membasmi tikus menggunakan bahan makanan yang dicampur dengan baking soda.

Caranya adalah dengan mencampur baking soda ke makanan yang sering diincar oleh tikus. Nantinya, jika dimakan, bahan makanan yang telah dicampur dengan baking soda akan membuat tikus menjadi kembung dan mati. Biasanya, tikus tidak akan langsung mati di tempat, melainkan akan lari ke ruang terbuka terlebih dahulu, sehingga Anda tidak perlu khawatir kemungkinan tikus mati di atas plafon.

  1. Coba Gunakan Bubuk Kulit Telur

Cara mengusir tikus di rumah dengan bahan alami yang selanjutnya adalah menggunakan bubuk kulit telur.

Selama ini, saat memasak telur, kebanyakan orang akan langsung membuang cangkangnya begitu saja. Padahal, jika mau cangkang telur ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, seperti untuk pakan ternak, dan pembasmi hama tikus. Nah, dalam prakteknya, untuk mengusir tikus menggunakan cangkang telur pertama-tama Anda harus menumbuk cangkang telur terlebih dahulu sampai menjadi bubuk. Setelah itu, Anda tinggal menaburkan bubuk cangkang telur tersebut ke tempat yang sering dilalui oleh tikus.

Sangat mudah bukan?

  1. Coba Pakai Minyak Peppermint

Khusus untuk Anda yang sering menggunakan minyak peppermint, Anda juga bisa menggunakan minyak ini untuk mengusir tikus dari rumah Anda lho. Caranya adalah dengan meletakkan bola kapas yang telah dicelupkan ke dalam minyak peppermint di tempat-tempat yang sering didatangi oleh tikus. Aroma yang ditimbulkan oleh minyak pepermint ini biasanya akan membuat tikus menjadi “ogah” untuk singgah di areal-areal tersebut.

  1. Gunakan Rodentisida

Rodentisida merupakan pestisida atau pembasmi hama yang khusus dibuat untuk hewan pengerat, termasuk salah satunya adalah tikus.

Dibandingkan dengan bahan alami, rodentisida cenderung jauh lebih efektif untuk digunakan sebagai media pembasmi tikus. Sayangnya, penggunaan rodentisida acap kali membuat tikus mati di tempat-tempat yang kurang strategis seperti di atas kanopi atau asbes.

Jika kondisi ini terjadi, maka dibutuhkan usaha lebih untuk mencari bangkai tikus, mengingat jika dibiarkan begitu saja, tikus yang mati akan menimbulkan bau bangkai yang menyengat. Saat ini rodentisida sudah banyak dijual bebas di toko pertanian dengan banderol harga yang cukup terjangkau.

  1. Manfaatkan Perangkap Tikus

Cara membasmi tikus di rumah yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan alat perangkap tikus.

Saat ini ada banyak alat perangkap tikus yang bisa dibeli dengan banderol harga yang cukup terjangkau. Alat perangkap tikus ini tinggal dipasang di tempat-tempat yang sering didatangi oleh tikus.

Dengan menggunakan alat perangkap, tikus biasanya tidak mati, melainkan hanya terjebak di perangkap dalam kondisi hidup, sehingga kemungkinan tikus untuk mati di tempat yang sukar dijangkau akan menjadi jauh lebih kecil.

  1. Gunakan Jasa Pengendali Tikus

Terakhir, jika seluruh alternatif cara di atas sudah Anda lakukan namun tak kunjung berhasil mengatasi serangan tikus di rumah, Anda dapat mencoba untuk menggunakan jasa pembasmi tikus. Saat ini ada banyak perusahaan pengendali hama yang menyediakan jasa ini dengan biaya yang relatif cukup terjangkau.

Itulah beberapa alternatif cara mengusir tikus di rumah yang bisa Anda coba. Penting untuk diingat, cara terbaik untuk membasmi tikus di rumah adalah dengan mencegahnya masuk ke rumah, yaitu dengan menutup semua lubang yang berpotensi dijadikan sebagai tempat masuk oleh tikus. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Baca Juga  7 Merk Cat Tembok Rumah Terbaik 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *