11 Cara Membasmi Kecoa

11 Cara Membasmi Kecoa Agar Rumah Tetap Bersih dan Sehat

Cara membasmi kecoa pada dasarnya tergolong cukup mudah. Hanya saja dibutuhkan upaya yang rutin agar kecoa tidak kembali lagi ke rumah. Selain menjijikkan, kecoa juga telah terbukti dapat membawa berbagai macam bibit penyakit. Menurut sebuah jurnal yang diterbitkan oleh WHO, setidaknya ada lebih dari 5 bibit penyakit yang dapat dibawa oleh kecoa, yaitu: Disentri, Tifus, alergi, Diare, Kolera, virus, dll. Karenanya, serangan kecoa tidak boleh diabaikan. Jika kecoa sering muncul di rumah, Anda harus segera mengusir dan mencegahnya.

Cara Mengusir Kecoa yang Terbukti Ampuh

Penting untuk diketahui, cara terbaik untuk membasmi kecoa adalah dengan tidak membiarkannya masuk ke rumah. Dalam hal ini Anda hanya perlu berupaya untuk mengatasi hal-hal yang memancing kecoa untuk masuk ke rumah Anda sembari memutus semua akses masuknya.

Beberapa alternatif cara yang bisa Anda coba terapkan adalah sebagai berikut:

  1. Selalu Bersihkan Sisa Makanan

Salah satu penyebab utama kecoa terus datang ke rumah adalah karena keberadaan sisa makanan di piring kotor. Sisa makanan ini sebaiknya dibuang atau dikumpulkan di kantong plastik. Dengan begitu kecoa tidak akan menghirup bau sisa makanan dan kemungkinannya untuk masuk ke rumah pun akan menjadi jauh lebih kecil.

Selain itu, piring kotor pun sebaiknya juga tidak dibiarkan menumpuk semalaman di dapur. Jika memungkinkan, sebelum tidur pastikan semua piring kotor di dapur sudah bersih semua.

  1. Rapikan Barang Tidak Terpakai

Cara membasmi kecoa yang kedua adalah dengan merapikan barang tidak terpakai. Barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai sebaiknya dirapikan di disimpan di gudang khusus. Hal ini untuk menghindari kemungkinan kecoa bersarang di barang-barang tidak terpakai tersebut.

Tidak hanya itu, barang yang rapi juga akan memperkecil kemungkinan adanya tikus atau ular yang bersembunyi di rumah. Jadi, jangan malas merapikan barang yang tidak terpakai ya!

  1. Tutup Akses Masuk Kecoa

Kecoa biasanya masuk ke rumah melalui lubang-lubang kecil yang ada di rumah, seperti saluran pembuangan air, celah pintu, dll. Nah, agar kecoa tidak mudah masuk ke rumah, seluruh akses masuknya ini sebaiknya harus rutin dibersihkan. Selain itu, jika diperlukan, areal-areal berisiko seperti ini sebaiknya juga segera diperbaiki atau dirapikan.

  1. Hindari Genangan Air di Dalam Rumah

Kecoa sangat suka masuk ke areal rumah yang bersuhu lembab dan tergenangi air. Karenanya, sebisa mungkin hindarilah genangan air di dalam rumah, terutama di areal dapur dan sekitarnya. Beberapa areal yang bisa Anda cek untuk menghindari adanya genangan air adalah areal lubang pembuangan air cuci piring, areal wastafel, areal kamar mandi, dll.

  1. Manfaatkan Daun Salam

Selain sebagai bahan bumbu masakan, daun salam ternyata juga bisa dijadikan bahan alami untuk mengusir kecoa di rumah lho! Seperti yang telah kita ketahui bersama, daun salam memiliki aroma yang cukup khas dan agak menyengat. Nah, aroma khas yang dimiliki daun salam ini ternyata tidak disukai oleh beberapa jenis serangga, termasuk salah satunya kecoa.

Untuk mengusir kecoa di dapur dengan daun salam Anda cukup meletakkan daun salam yang telah dirobek-robek di areal yang sering didatangi kecoa.

  1. Gunakan Bubuk Kopi

Khusus untuk kamu yang hobi ngopi, selepas diseduh, bubuk kopinya jangan langsung dibuang ya! Karena bisa dipakai untuk mengusir kecoa. Caranya cukup taburkan bubuk kopi bekas ke tempat-tempat yang sering dihinggapi kecoa.

Nantinya aroma wangi yang dikeluarkan oleh bubuk kopi akan membuat kecoa “ogah” datang ke areal tersebut. Selain itu, bubuk kopi ini juga bisa membuat ruangan menjadi lebih wangi lho!

  1. Coba Taburi Kapur Barus

Cara membasmi kecoa di rumah yang berikutnya adalah dengan memakai kapur barus. Kapur barus sejak lama telah dikenal sebagai salah satu pestisida berbagai macam hama yang cukup ramah kantong dan ramah lingkungan. Selain dapat mengusir hama, kapur barus juga memiliki aroma khas yang dapat menghilangkan bau di dalam ruangan. Nah, salah satu hama yang bisa dibasmi menggunakan kapur barus adalah kecoa.

Untuk membasmi kecoa menggunakan kapur barus Anda hanya perlu menaburkan kapur barus ke areal-areal yang berpotensi didatangi oleh kecoa. Cukup mudah bukan?

  1. Manfaatkan Pelicin Pakaian

Kecoa merupakan salah satu binatang yang cukup peka terhadap bau dan wangi. Nah, ternyata kecoa sangat tidak suka dengan wangi pelicin pakaian. Karenanya, Anda dapat memanfaatkan pelicin pakaian untuk mencegah kecoa masuk ke rumah.

Cara mengatasi kecoa masuk ke rumah menggunakan pelicin tergolong cukup mudah. Anda hanya perlu menyemprotkan pelicin pakaian ke areal-areal yang berpotensi dihinggapi oleh kecoa. Cara ini sangat cocok untuk diaplikasikan di areal lemari pakaian atau kursi di dalam rumah.

  1. Terapkan Perangkap Lengket

Seperti yang telah disebutkan di atas, cara paling ampuh untuk mengatasi kecoa masuk rumah adalah dengan menutup akses masuknya. Sayangnya, akses masuk kecoa ini acap kali tidak terdeteksi, sehingga proses untuk mengatasi kecoa pun menjadi agak sedikit lebih susah.

Nah, untuk bisa mengetahui dari mana kecoa bisa masuk ke rumah, Anda dapat menerapkan sistem perangkap lengket. Caranya Anda hanya perlu meletakkan perangkap lengket di sudut-sudut rumah Anda dan areal yang Anda curigai menjadi tempat akses masuk kecoa.

Selanjutnya Anda tinggal menunggu kecoa terjebak di perangkat lengket yang sudah dibuat dan kemudian mencari cara agar akses masuk kecoa tersebut bisa ditutup.

Sederhana bukan?

  1. Manfaatkan Pestisida Semprot

Dalam kondisi serangan yang parah, Anda disarankan untuk menggunakan pestisida semprot yang memang dibuat khusus untuk menanggulangi serangan hama serangga. Penggunaan pestisida ini memang membutuhkan biaya dan cenderung kurang ramah lingkungan.

Meskipun begitu hasilnya cenderung jauh lebih efektif ketimbang cara membasmi kecoa menggunakan bahan alami.

  1. Gunakan Jasa Pembasmi Hama

Jika setelah menerapkan semua alternatif cara di atas rumah Anda tidak kunjung steril dari serangan hama kecoa, tidak ada salahnya jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan jasa pembasmi hama.

Saat ini ada banyak perusahaan yang menyediakan jasa pengendalian hama dengan biaya yang relatif cukup terjangkau. Karenanya, jika memang serangan kecoa di rumah Anda mengkhawatirkan, kenapa Anda tidak mencobanya?

Kecoa Jangan Dipukul Sampai Penyet!

Baca Juga  5 Cara Memilih Penjual Rumah Yang Handal

Karena kesal, tidak jarang orang memukul kecoa hingga penyet. Meskipun memuaskan, namun hal ini sebaiknya tidak dilakukan. Pasalnya, menurut hasil penelitian tubuh kecoa mengandung banyak bakteri dan (mungkin juga) virus yang berisiko menimbulkan penyakit. Saat kecoa dipukul hingga penyet, maka besar kemungkinan bakteri dan virus penyebab penyakit yang ada pada tubuh kecoa akan menyebar. Karenanya kecoa jangan dipukul sampai penyet ya!

Itulah beberapa alternatif cara membasmi kecoa yang bisa Anda coba terapkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *