cek BANSOS UMKM Online

Cara Cek Bantuan UMKM Online dan Pencairannya

Cara cek bantuan UMKM online memang harus dipahami dengan baik. Melalui Kementerian Koperasi dan UKM, pemerintah memberikan BLT atau Bantuan Langsung Tunai kepada para pelaku UMKM di seluruh negeri. Program ini dinamai Banpres Produktif Usaha Mikro atau biasa disingkat dengan nama BPUM.

Tidak main-main, pemerintah mengucurkan dana hingga trilyunan rupiah untuk merealisasikan bantuan ini. Tentu saja proses pencairan bantuan dilakukan secara bertahap sesuai dengan gelombang pengajuannya masing-masing. Untuk tahun 2021 ini, dana sudah mulai dikucurkan sejak bulan Januari lalu.

Bagi Anda yang sudah melakukan registrasi, tentu saja ada cara khusus yang bisa dilakukan untuk mengecek apakah Anda terdaftar sebagai calon penerima bansos atau tidak. Caranya juga sangat mudah karena pemerintah memang memberikan fasilitas untuk hal tersebut. Langsung saja, ini dia penjelasannya.

Cara Cek Bantuan UMKM Online

Untuk melakukan pengecekan bantuan UMKM online ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah pengecekan secara online yang sedang kita bahas ini. Mudah saja, ikuti langkah-langkahnya persis seperti di bawah ini.

  1. Untuk melakukan pengecekan Anda bisa melakukannya di smartphone ataupun di laptop
  2. Buka link resmi pengecekan bansos UMKM di https://eform.bri.co.id/bpum di browser pada hp atau laptop Anda.
  3. Masukkan nomor NIK KTP Anda pada kolom yang tersedia, jangan lupa juga untuk menginput Kode Verifikasi.
  4. Klik opsi “Proses Inquiry” yang ada di bagian bawah kolom sebelumnya.
  5. Layar browser akan memperlihatkan apakah NIK yang Anda masukkan terdaftar sebagai penerima bansos atau tidak.

Itulah cara cek BANSOS UMKM online yang bisa Anda lakukan untuk mengecek apakah Anda merupakan penerima bansos tersebut atau tidak. Namun Anda juga bisa mencoba cara lain yakni dengan datang langsung ke aparat terdekat di wilayah Anda.

Baca Juga  Cara Mendaftar Bansos Anak Rp 3jt dari Kementerian Sosial

Biasanya aparat terdekat seperti RT dan RW (yang mendaftarkan Anda sebelumnya) akan menginformasikan dengan detail terkait pengajuan bansos UMKM yang Anda ajukan sebelumnya. Mereka juga bisa membantu Anda untuk mengecek apakah nama Anda sudah terdaftar sebagai penerima atau tidak.

Cara Mencairkan Bantuan UMKM BPUM

Setelah memahami cara cek bantuan UMKM online di atas dan melihat nama Anda terdaftar, selanjutnya Anda juga harus memahami bagaimana cara untuk melakukan pencairan dana bantuan sosial tersebut. Bagaimana caranya? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

  1. Pertama pastikan kalau NIK Anda sudah terdaftar sebagai salah satu penerima bansos UMKM itu sendiri.
  2. Setelah Anda memastikan kalau Anda adalah calon penerima, nantinya Anda akan mendapatkan SMS dari pihak BRI yang menginformasikan validasi dari hal tersebut.
  3. Kalau Anda sudah menerima SMS dari pihak BRI, selanjutnya Anda hanya tinggal datang mengunjungi kantor cabang BRI terdekat di wilayah masing-masing.
  4. Ambil antrian ke customer service dan tanyakan terkait jadwal pencairan bantuan UMKM yang Anda dapatkan. Jangan lupa bawa KTP Anda saat hendak melakukannya.

Jika sudah melakukan cara cek bantuan UMKM online di atas, Anda hanya tinggal datang kembali pada tanggal pencairan yang sudah ditentukan. Adapun berkas-berkas yang harus disiapkan adalah sebagai berikut ini :

  1. Buku tabungan rekening yang masih aktif
  2. KTP Elektrik / Identitas diri lainnya
  3. Kartu ATM
  4. Mengisi formulir surat pernyataan yang tersedia di Bank
  5. Mengisi SPTJM Atau Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak
  6. Mengisi surat kuasa penerima dana Banpres yang sudah disediakan oleh pihak BRI.
  7. Bagi calon penerima bantuan yang belum memiliki rekening, Anda bisa membuat rekening terlebih dahulu di kantor BRI terdekat. Bawa juga KTP asli serta bukti SMS yang sudah Anda terima sebelumnya.
  8. Perlu dipahami, seluruh proses pencairan dana bantuan ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis.
Baca Juga  6 Rahasia Lolos Prakerja Gelombang 13

Bagi Anda yang belum mendapatkan SMS mungkin perlu bersabar karena pencairan bantuan UMKM ini dilakukan secara bertahap sesuai dengan gelombang yang sudah ditentukan oleh pemerintah sebelumnya. Kalau Anda sudah menerima SMS segera lakukan pencairan di cabang BRI terdekat.

Cara yang Digunakan untuk Mendaftar Bantuan UMKM

Jika Anda sudah melakukan cara cek bantuan UMKM online diatas dan belum berkesempatan mendapatkan bantuan, tidak perlu khawatir. Anda masih bisa mencoba gelombang terbaru bantuan UMKM saat ini. Cara untuk mendapatkannya adalah sebagai berikut.

  1. Lakukan registrasi di Kantor Dinas Koperasi dan UMKM di wilayah Anda masing-masing. Bawa juga berkas-berkas yang membuktikan kalau Anda memang memiliki usaha mikro dari pengusul
  2. Setelahnya berkas akan diajukan ke kementerian dan akan dilakukan uji kelayakan bersama OJK.
  3. Kalau Anda dinilai layak, bantuan akan segera ditransferkan ke rekening penerima.

Meskipun terbilang mudah, ternyata ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat pertama adalah Anda tidak sedang terdaftar sebagai penerima produk perbankan dari Bank manapun. Anda juga tidak boleh terdaftar sebagai aparat atau pekerja BUMN dan BUMD. Jika sudah mendaftar, Anda hanya tinggal melakukan cara cek bantuan UMKM online yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

setting telkom 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *