Bacaan Dzikir Pagi dan Petang yang Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

Bacaan Dzikir Pagi dan Petang yang Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

Dzikir pagi dan petang merupakan salah satu amalan yang senantiasa dilakukan oleh Rasulullah SAW. Sebagai umatnya, tentu kita harus meniru kebiasaan beliau ini karena di dalamnya ada banyak fadhilah yang bisa didapatkan.

Dzikir pagi adalah dzikir yang dibaca diantara waktu setelah subuh dan sebelum dhuha. Sedangkan dzikir petang adalah dzikir yang dibaca diantara waktu setelah ashar, sebelum datangnya waktu magrib.

Dzikir pagi petang ini adalah beberapa bacaan yang senantiasa dibaca oleh Rasulullah SAW pada waktu-waktu tertentu dengan banyak permohonan kebaikan di dalamnya. Langsung saja kita bahas satu persatu.

Ada beberapa bacaan dzikir yang bisa Anda amalkan di pagi hari. Tentu saja ada banyak sekali fadhilah yang bisa Anda dapatkan saat membacanya secara rutin. Berikut ini dzikir pagi dan petang yang bisa Anda baca di setiap harinya.

Membaca ayat Kursi dan 3 Qul

Dzikir pertama yang bisa Anda bacakan adalah ayat kursi dan tiga Qul. Siapa yang membaca ayat kursi di pagi hari, maka dia akan Allah lindungi dari berbagai gangguan yang datang hingga petang hari. Sedangkan mereka yang membacanya di kala petang akan Allah lindungi dari berbagai gangguan sampai pagi hari.

Dzikir lain yang bisa Anda bacakan adalah tiga Qul yakni surah Al-Ikhlas, Al Falaq dan Surah An-Naas masing-masing 3 kali. Barang siapa yang membacakan ketiga surat tersebut dengan pengulangan yang sama di pagi dan petang hari, Allah akan mencukupkan baginya segala sesuatu.

Membaca doa keselamatan agar Selamat dari Segala Hal

Selain membaca ayat kursi dan tiga Qul seperti yang sudah kami jelaskan di atas, ada juga doa keselamatan yang bisa Anda ambil sebagai bacaan dzikir pagi dan petang. Adapun bacaan tersebut adalah seperti di bawah ini.

Baca Juga  Niat dan Tata Cara Mandi Wajib Berdasarkan Sunnah

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا، وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allahumma bika ash-bahnaa wa bika amsaynaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikan nusyuur.

Artinya:

“Ya Allah, dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu pagi, dan dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu petang. Dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami hidup dan dengan kehendak-Mu kami mati. Dan kepada-Mu kebangkitan (bagi semua makhluk).”

Membaca Sayyidul Istighfar dengan Benar

Sayyidul Istighfar juga merupakan salah satu bacaan dzikir pagi dan petang yang bisa Anda pilih. Adapun bacaan sayyidul istighfar tersebut adalah seperti di bawah ini :

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ.

Allahumma anta robbii laa ilaha illa anta, kholaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mas-tatho’tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu. Abu-u laka bi ni’matika ‘alayya wa abu-u bi dzambii. Fagh-firlii fainnahu laa yagh-firudz dzunuuba illa anta.

Artinya:

“Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku pada-Mu (yaitu aku akan mentauhidkan-Mu) semampuku dan aku yakin akan janji-Mu (berupa surga untukku). Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku. Oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.” (Dibaca 1 x)

Jika seorang muslim membacakan dzikir pagi dan petang ini pada siang hari dengan segala keyakinan yang dia miliki dan dia mati sebelum petang, maka dia termasuk penghuni surga. Dan barang siapa yang membacanya di malam hari dengan penuh keyakinan lalu dia mati sebelum pagi, maka dia termasuk penghuni surga.

Baca Juga  Adab Makan dan Minum Berdasarkan Syariat Islam

Membaca Bacaan Doa Rasulullah SAW

Ada juga bacaan dzikir pagi dan petang yang tidak pernah sekalipun dilewatkan oleh Rasulullah SAW. Adapun bacaan doa Rasulullah SAW tersebut adalah seperti di bawah ini.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِى وَآمِنْ رَوْعَاتِى. اَللَّهُمَّ احْفَظْنِيْ مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِيْ، وَعَنْ يَمِيْنِيْ وَعَنْ شِمَالِيْ، وَمِنْ فَوْقِيْ، وَأَعُوْذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِيْ

Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fid dunyaa wal aakhiroh. Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fii diinii wa dun-yaya wa ahlii wa maalii. Allahumas-tur ‘awrootii wa aamin row’aatii. Allahummahfazh-nii mim bayni yadayya wa min kholfii wa ‘an yamiinii wa ‘an syimaalii wa min fawqii wa a’udzu bi ‘azhomatik an ughtala min tahtii.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan dalam agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku (aib dan sesuatu yang tidak layak dilihat orang) dan tenteramkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah, peliharalah aku dari muka, belakang, kanan, kiri dan atasku. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak disambar dari bawahku (oleh ular atau tenggelam dalam bumi dan lain-lain yang membuat aku jatuh).” (Dibaca 1 x)

Dengan membaca dzikir atau doa ini, insyaallah Anda akan diberikan keselamatan di dunia dan terhindar dari gangguan yang datang dari berbagai arah.

Tentunya masih banyak deretan dzikir pagi petang lain yang bisa Anda amalkan. Namun beberapa dzikir di atas adalah dzikir pamungkas dengan riwayat hadits yang shahih dan bisa dipertanggungjawabkan. Begitu juga dengan fadhilah-fadhilah yang ada di dalam dzikir pagi dan petang tersebut.

Baca Juga  Hal yang Membatalkan Puasa Berdasarkan Dalil dan Fatwa Ulama

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

baca 3 qul pagi dan petang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *